Tuesday, March 6, 2018

Moms, Inilah 6 Tips Mendidik Anak Yang Terpengaruh Gadget

Di Era yang serba modern ini, Gadget merupakan kebutuhan pokok saat ini, Gadget merupakan alat yang dapat berkomunikasi, dapat membantu perkejaan dan lain lain, Gadget umumnya bukan hal yang buruk jika digunakan dengan cara yang benar. Gadget seperti smartphone dan tablet penggunaannya kian semakin besar dalam kehidupan mereka serta komunikasi antar anggota keluarga.


Moms, Inilah 6 Tips Mendidik Anak Yang Terpengaruh Gadget

1. Menghabiskan  Waktu Bersama

Salah satu cara paling efektif bagi orang tua untuk mendidik anak sehingga mereka kurang terpengaruh oleh gadget tersebut adalah Sering menghabiskan waktu secara teratur dengan anak-anak. Anak-anak membutuhkan lebih banyak perhatian dari orang tua dan jika mereka tidak mendapatkannya, mereka akan mencoba mengeluarkan mereka dari pengaruh luar seperti gadget.

2. Permainan

Untuk anak-anak sedini 1 tahun sampai 5 tahun, lebih penting lagi bagi orang tua untuk mempersiapkan permainan fisik. Permainan fisik memungkinkan mereka bergerak saat bermain, daripada menggunakan gadget yang kebanyakan anak hanya duduk di tempat. Bagi anak-anak yang sudah mulai mengeja, sediakan permainan fisik yang berguna seperti permainan tebak menebak dan lain lain.

3. Perpustakaan  Mini Dirumah

Kebiasaan membaca perlu dipupuk sejak kecil. Cara termudah untuk membuat kebiasaan membaca adalah dengan memberikan contoh kebiasaan membaca kepada anak. Artinya orang tua perlu rajin membaca untuk membentuk cinta kasih pribadi antara anak. Langkah pertama dalam menciptakan kebiasaan ini adalah dengan memberikan sudut baca keluarga yang terdiri dari buku-buku induk dan juga buku untuk anak-anak.

4. Buku dan Pena

Anak sudah mulai bermain dengan pena sejak usia satu tahun lebih. Biarkan mereka membuat sketsa di atas kertas dan mengungkapkan seni yang ada di atas kertas. Ini lebih baik daripada memainkan aplikasi Paint di smartphone atau tablet.

5. Bermain Puzzle

Setiap item membutuhkan meja agar lebih mudah dikendalikan dan dipantau. Ini termasuk penggunaan gadget oleh anak-anak kita. Buat jadwal harian atau jadwal mingguan penggunaan gadget oleh anak-anak kami. Juga sediakan waktu tanpa perlengkapan sehari-hari seperti permainan puzzle yang dapat menstimulasi penglihatan dan cepat tanggap anak.

6. Bermain Petak Umpet

Mungkin moms atau anda yang sedang memiliki balita atau anak anak , ajak lah anak anda bermain petak umpet di dalam rumah atau pekarangan anda . Dalam Permainan ini Sang balita termotivasi untuk menemukan anda , jadi dalam kegiatannya menggunakan gadget berkurang

Itulah cara dasar mendidik anak agar kurang terpengaruh oleh gadget. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua orang.

Terima kasih telah membaca Cara Mendidik Anak Terhadap Gadget. Beri komentar di bawah ini dan bagikan kepada teman Anda.

1 comment:


EmoticonEmoticon