Monday, July 30, 2018

35 Manfaat Madu Asli Untuk Kecantikan Efek Samping Madu (Update 2018)

Madu, Siapa yang tidak kenal dengan yang satu ini. merupakan konsumsi keharian yang ternyata banyak tidak mengetahui apa manfaat dan efek samping mengkonsumsi madu. madu sangat baik untuk kesehatan salah satunya adalah mecegah penurunan daya ingat yang mana kaum anak muda sekarang yang terlalu sering bermain gadget dan kemajuan jaman membuat menajadi malas untuk berfikir dan lama kelamaan menjadi pikun.

Madu, Siapa yang tidak kenal dengan yang satu ini. merupakan konsumsi keharian yang ternyata banyak tidak mengetahui apa manfaat dan efek samping mengkonsumsi madu. madu sangat baik untuk kesehatan salah satunya adalah mecegah penurunan daya ingat yang mana kaum anak muda sekarang yang terlalu sering bermain gadget dan kemajuan jaman membuat menajadi malas untuk berfikir dan lama kelamaan menjadi pikun.
35 Manfaat Madu Asli Untuk Kecantikan Efek Samping Madu


Manfaat Madu untuk Kesehatan


1. Meringankan alergi

Madu memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mengurangi gejala alergi. Dalam hal ini madu bertindak sebagai vaksin karena mengandung sedikit serbuk sari. Dianjurkan untuk mengonsumsi madu minimal satu sendok teh setiap harinya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda terhadap serangan alergi.

2. Meningkatkan energi


banyak orang yang memanfaatkan madu sebagai sumber energi dikala mereka membutuhkan asupan energi secepat mungkin.

Selain itu, kandungan karbohidrat di dalamnya juga dapat dengan mudah diubah menjadi glukosa, karena sangat sederhana bagi tubuh untuk mencerna zat alami seperti ini.

3. Menjaga daya ingat


Seiring dengan bertambahnya usia tentu daya ingat otak akan menurun, mengkonsumsi makanan yang sehat adalah cara yang dianjurkan untuk menjaga ingatan tetap kuat.
dengan menambahkan satu sendok teh madu ke dalam teh yang kita minum atau dapat langsung meminumnya tanpa mencampurnya, dapat membantu otak dalam menyerap kalisum, sehingga dapat memperpanjang daya ingat otak.

4. Mengatasi Ketombe

madu memang kaya akan manfaat, medu mengandung sifat anti inflamasi, anti jamur dan antibakteri yang sangat ampuh untuk melawan masalah kulit dan juga kulit kepala.
tidak ketombe saja yang diatasi, tetapi kerontokan rambut dapat berkurang.

5. Mengatasi insomnia

insomnia adalah seseorang yang kesulitan untuk beristirahat cukup pada malam hari. Akibatnya menjadi kelelahan dan  tidak bersemangat di pagi hari.
insomia jika terlalu sering juga dapat menyebabkan penyakit berbahaya, salah satunya adalah Kerusakan  Ginjal.
alasan kenapa madu dapat mengatasi insomnia adalah untuk mengatasi susah tidur, hal ini karena rasa manis madu membantu meningkatkan insulin dan melepaskan serotonin neurotransmiter.
kemudian tubuh akan merubah menjadi melatonin yang membantu anda untuk tidur.

6. Mempercepat penyembuhan Luka

madu dapat mempercepat proses penyembuhan luka, karena madu merangsang jaringan yang terluka, membantu menyembuhkan luka yang lembab dan membantu proses penyembuhan luka yang tidak aktif.
cukup diolekan pada luka.

7. Mencengah dan melawan kanker

Madu mengandung flavonoid dan feloik yang membuatnya menjadi bahan makanan yang bisa melawan penyakit ganas.
madu mencakup senyawa felonik: asam gallic, asam p-Coumaric, asam elegiac, chrysin, asam syringic, asam ferulic, asam caffeic yang dianggap berkontribusi untuk menyembuhkan sel-sel tubuh.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

mengkonsumsi madu secara rutin dan berkala dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena madu memiliki sifat antioksidan dan antibakteri.

9. Meningkatkan Kesuburan

Madu dapat juga meningkatkan kesuburan. dikenal cukup ampuh sebagai suplemen penyubur kandungan, seseorang yang kesulitan hamil dapat mengkonsumsi madu sebagai salah satu bentuk upaya yang dilakukan untuk program kehamilan.

10. Membantu meredakan eksim

Eksim atau yang biasa disebut dengan kelainan kulit yang terasa sangat gatal, umumnya dijumpai pada seseorang yang memiliki kulit kering, eksudasi dan inflmasi dan terkadang kambuh - kambuhan
madu dapat membantu mengurangi atau bahkan meredakan penyakit kulit ini. dengan mencampurnya dengan kayu manis, perasan jeruk. atau dapat langsung mengoleskannya.

11. Mengobati Sinus

Madu adalah salah satu bahan untuk mengobati sinus secara alami. cukup mengkonsumsi 1 sendok makan madu baik di pagi atau sebelum tidur dapat mengurangi peradangan pada sinus.

12. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu mencerna lemak, namun jika kadarnya terlalu banyak akan tidak baik untuk kesehatan. Untuk mengontrol kadar kolesterol tinggi Anda bisa menambahkan satu sentok makan madu ke dalam menu makanan harian Anda. Madu tidak mengandung kolesterol sama sekali, sebaliknya ia mengandung banyak sekali nutrisi hebat seperti potassium, kalsium dan vitamin B.

Selain itu kandungan antioksidan di dalam madu juga dapat mengikat radikal bebas di dalam tubuh.
Alternatif lainnya adalah dengan mengganti gula yang biasa dikonsumsi dengan madu, karena madu adalah salah satu bahan makanan yang aman bagi penderita diabetes.

14. Manfaat Madu untuk Kecantikan

Selain dikenal karena sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, madu juga dapat digunakan sebagai media perawatan kecantikan.

15 Membantu menurunkan berat badan

Madu untuk Menurunkan Berat Bada
Meski madu memiliki jumlah kalori yang lebih banyak daripada gula saat dikonsumi dengan air hangat, namun madu dapat membantu mencerna lemak yang tersimpan di dalam tubuh Anda.

Seperti halnya madu dengan air perasan lemon atau kayu manis yang dapat membantu menurunkan berat badan Anda.

16. Meningkatkan performa atletik

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa madu sangat baik untuk membantu meningkatkan kinerja atlet.

Madu sangat baik untuk menjaga kadar gula darah, menyembuhkan otot, merestorasi glikogen setelah berolahraga serta mengatur jumlah insulin di dalam tubuh.

17. Mengurangi efek berbahaya merokok

Sebuah studi telah menemukan bahwa asupan madu dapat mengurangi kerusakan testis akibat merokok.

Selain itu madu juga dapat melawan stres oksidatif yang diakibatkan kebiasaan merokok.

Beberapa ahli juga mengatakan bahwa madu juga bermanfaat untuk membantu seseorang berhenti merokok, meskipun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

18. Mengobati asma

Manfaat madu juga baik dikonsumsi oleh penderita asma.

Terdapat studi yang menyatakan bahwa madu bisa menjadi pengobatan yang menjanjikan untuk penderita asma.

19. Mengobati mual

Mencampur air perasan buah lemon dengan madu bisa menjadi obat mual dan mencegah muntah.

Atau Anda juga bisa mengonsumsi satu sendok makan sari cuka apel yang dicampur dengan madu dan air dingin sebelum tidur untuk mengatasi kondisi tidak nyaman akibat mual.

20. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan polifenol di dalam madu memiliki peran penting untuk kesehatan jantung.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan asupan polifenol dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu kandungan antioksidan pad madu juga baik untuk melindungi jantung.

21. Mengatasi flu dan batuk

Madu menjadi salah satu obat batuk yang efektif.

Bahkan dalam sebuah penelitian madu dapat memperbaiki tidur anak dengan mengurangi batuk pada malam hari. Selain itu madu juga cukup efektif untuk mengatasi flu.

22. Membantu memutihkan kulit

Manfaat madu untuk kecantikan lainnya adalah dapat membantu memutihkan kulit Anda.

Sifat antibakterinya akan menenangkan kulit dari peradangan serta membersihkannya dari kuman. Ia juga mampu melembabkan kulit Anda. Mengaplikasikan madu yang dicampur dengan yogurt bisa jadi cara yang tepat untuk memutihkan kulit.

Cara memutihkan kulit dengan madu:

Campurkan 1 sendok makan yogurt segar dengan 1 ½ sendok makan madu. Oleskan campuran tersebut di kulit Anda, lalu biarkan selama 15 menit. Cuci bersih dengan air hangat dan ulangi setiap hari.

23. Mengatasi kulit kering

Kombinasi antara madu dan yogurt adalah salah satu cara alami untuk mengatasi kulit kering dan terkelupas. Keduanya sama-sama memiliki sifat antibakteri untuk membersihkan kulit. Sementara itu madu kaya akan antioksidan juga humektan yang dapat meningkatkan kelembaban kulit.

Cara mengatasi kulit kering dengan madu:

Campurkan 1 sendok makan yogurt tawar dan 1 sendok makan madu. Setelah diaduk rata, oleskan pada seluruh bagian wajah Anda dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah bilas hingga bersih dengan air hangat.

24. Memudarkan bekas jerawat

Anda sedang mencari cara menghilangkan bekas jerawat?

Mungkin Anda bisa mencoba perawatan bekas jerawat menggunakan madu. Meski belum ada bukti konkret mengenai hal ini, sebagian orang percaya bahwa madu bisa membantu memudarkan bekas jerawat.

25. Membantu mengatasi keriput

Salah satu manfaat madu untuk wajah adalah dapat mengatasi keriput atau munculnya tanda-tanda penuaan dini. Madu adalah humektan alami, yang artinya ia dapat melembabkan lapisan atas kulit. Kelembaban ekstra yang di dapat dari madu akan membantu mengatasi keriput.

Selain itu ia juga akan menenangkan area kulit yang kering dan sensitif. Kandungan antioksidan yang ada pada madu juga akan membantu menunda tanda penuaan muncul.

Untuk mengatasi masalah kulit ini Anda bisa menerapkan madu sebagai masker.

Cara membuatnya, campurkan satu sendok makan madu dan jumlah yang sama untuk pepaya, susu atau yogurt. Campurkan kedua bahan sampai merata kemudian aplikasikan pada wajah Anda, diamkan selama 30 menit.

Saat mengaplikasikannya pada wajah, Anda juga bisa memberikan pijatan untuk meningkatkan sirkulasi darah serta mengencangkan kulit.

Bersihkan masker dengan air hangat dan tepuk kulit Anda dengan lap kering untuk mengeringkan wajah. Madu juga akan membuat kulit Anda halus dan terhidrasi, mengurangi keriput serta garis-garis halus.

26. Membersihkan kulit

Madu juga dapat digunakan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kulit tanpa menghilangkan kandungan minyak alami yang ada pada kulit. Jika ingin membersihkan kulit dengan madu,

caranya cukup mudah.

Ambil setengah sendok teh madu dengan jari tangan Anda kemudian hangatkan dengan menggosokannya di antara kedua tangan. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes air untuk membentuk konsentrasi yang diinginkan.

Kemudian oleskan madu tersebut perlahan pada wajah Anda sampai merata, lalu bilas dengan air hangat.

Keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk secara lembut. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, Anda bisa menggunakan toner setelahnya.

27. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Meskipun hanya sedikit bukti tentang manfaat madu yang satu ini, tidak ada salahnya mencoba. Anda bisa membuat kombinasi madu dan minyak zaitun untuk menguatkan rambut serta mencegah rambut rontok.

Cara Meningkatkan Pertumbuhan Madu:

Cukup hangatkan minyak zaitun sebentar, lalu tambahkan 2 sendok makan madu (Anda juga bisa menambahkan satu putih telur). Campur semua bahan sampai halus lalu terapkan pada rambut yang basah.

Biarkan selama 15 menit, kemudian keramas seperti biasa. Campuran ini juga bisa mengatasi masalah rambut kering.

28. Sebagai masker pelembab

Madu adalah humektan alami, humektan adalah zat higroskopis yang digunakan untuk menjaga kelembaban. Anda dapat menjaga kelembaban kulit Anda secara alami dengan menggunakan madu, berikut caranya.

Cara melembabkan kulit dengan madu:

Oleskan satu sendok teh madu mantah atau yang belum diproses ke kulit yang bersih dan kering, lalu diamkan selama kurang lebih 15-20 menit. Jika sudah bilas menggunakan air hangat.



29. Pembersih pori-pori

Sedang mencari cara membersihkan pori-pori? Gunakan madu untuk mendapatkan kulit yang sehat dan pori-pori yang bebas dari kotoran. Untuk membersihkannya Anda akan membutuhkan minyak kelapa atau minyak jojoba untuk mencegah penumpukan bakteri yang bisa menyebabkan kulit berjerawat.

Cara membersihkan pori-pori dengan madu:

Aduk satu sendok madu mentah dengan dua sentok minyak kelapa atau minyak jojoba sampai merata. Oleskan pada kulit yang kering dan sudah dibersihkan sambil memberikan pijatan lembut dengan gerakan melingkar, hindari bagian sekitar mata. Jika sudah bilas dengan air hangat.

30. Exfoliant alami

Madu kaya akan antioksidan, enzim dan nutrisi yang dapat menyehatkan, membersihkan dan melembabkan kulit.

Sementara itu baking soda adalah exfoliant alami yang dapat mengangkat sel kulit mati dan memungkinkan pertumbuhan sel kulit baru.

Caranya sangatlah mudah, campurkan dua sendok makan madu dengan satu sentok makan baking soda hingga merata. Percikkan kulit Anda wajah atau tubuh Anda dengan air bersih lalu gosokkan campuran baking soda dan madu dengan gerakan melingkar. Tidak perlu menunggu lama, bilas sampai bersih.

31. Mengurangi bekas luka

Bekas luka memang bisa mengurangi penampilan kita, terlebih jika berada di bagian tubuh yang tidak tertutupi oleh pakaian.

Manfaat madu dengan sifat anti-inflamasi dan antibakterinya mampu membantu mengurangi bekas luka.

Sedangkan sifat hidrasi dari minyak kelapa atau minyak zaitun dapat membantu menghidupkan kembali sel kulit mati, sementara itu pijatan lembut dan teratur akan meningkatkan sirkulasi untuk membantu pemulihan kulit dari bekas luka.

Cara menghilangkan bekas luka dengan madu:

Campurkan satu sendok teh madu mentah dengan satu sendok teh minyak zaitun atau minyak kelapa. Oleskan ke bagian tubuh yang diinginkan sambil memberikan pijatan menggunakan ujung jari dengan gerakan melingkat selama kurang lebih dua menit.

Lalu letakkan kain hangat di atas kulit Anda, dan biarkan hingga dingin. Anda bisa mengulangi perawatan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

32. Mengatasi jerawat

Mengatasi Jerawat. Berkat sifat antibakteri dan antijamur madu, Anda bisa menggunakannya untuk mengatasi masalah jerawat.

Selain itu sifat anti-inflamasinya juga akan menenangkan jerawat dari kemerahan dan iritasi.

Cara menghilangkan jerawat dengan madu cukup mudah, oleskan madu mentah ke area yang berjerawat lalu diamkan selama 10-15 menit. Jika sudah bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

33. Melindungi kulit

Tidak hanya dapat menghindrasi, kandungan antioksidan pada madu juga baik digunakan untuk memperbaiki dan melindungi kulit dari kerusakan oksidatif dan pengaruh lingkungan.

Caranya dengan mencampurkan dua sendok makan madu mentah dengan segelas air panas sampai larut, lalu tambahkan ke dalam bak air hangat dan gunakan untuk berendam.

34. Sebagai kondisioner rambut

Madu Untuk Kondisioner
Kandungan nutrisi dan enzim yang ada di dalam madu sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut, mencegah rambut kusam dan melembabkannya. Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk menghaluskan katikula rambut.

Campur satu sendok makan madu mentah dengan dua sendok makan minyak kelapa hingga merata. Oleskan campuran ini secara menyeluruh, diamkan selama kurang lebih 20 menit lalu bilas hingga bersih.

35. Mengatasi kulit terbakar

Efek paparan sinar matahari secara langsung ke kulit bisa sangat berbahaya. Manfaat madu dapat memberikan hidrasi ke bagian terdalam kulit yang terpapar sinar matahari.

Mencampurkan madu dengan lidah buaya akan memberikan sifat anti-inflamasi yang kuat untuk menenangkan kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari dan memulihkannya.

Caranya dengan mencampurkan satu bagian madu mentah dengan dua bagian gel lidah buaya. Lalu oleskan ke bagian kulit yang terpapar sinar matahari.

Efek Samping Madu


Madu memang memiliki banyak sekali untuk tubuh jika dikonsumsi setiap hari. Namun, anda juga perlu mengetahui jumlah takaran yang dikonsumsi sesuai dengan usia dan kebutuhan yang baik untuk tubuh.

Orang dewa dianjurkan untuk minum madu setiap hari dnegan jumlah antara 100 gr – 200gr, sedangkan untuk anak-anak dianjurkan untuk mengkonsumsi 1/4 hingga 1/2 dari takaran orang dewasa. Konsumsi madu sebaiknya 3 kali dalam sehari dan hindari mengkonsumsi madu secara sekaligus.

Selain dari jumlah takarannya, sebaiknya hindari mencampurkan madu dengan air panas, karena akan menghilangkan kandungan enzim yang ada didalam madu berkurang sehingga membuat manfaatnya pula menjadi berkurang.

Efek samping madu yang terjadi biasanya pada orang yang normal madu dapat menyebabkan gangguan perut dan diare. Hal ini dikarenakan madu memiliki kandungan fluktosa yang sangat tinggi,samakadarnya dengan buah pir dan apel. Hindari memberikan madu pada usia bayi dibawah 1 tahun agar terhindar dari efek samping yang dapat membahayakan bayi.

Selain itu, anda juga harus cermat memilih jenis madu yang anda konsumsi. Pilihlah madu Murni yang baik untuk kesehatan dna mengandung rendah gula. Hindari pula mengkonsumsi madu yang berasal dari tumbuhan yang bernama rhododendron panticum, madu ini mengandung andromedotoksin yang bisa meracuni manusia.



EmoticonEmoticon